Bahan Kimia Dalam Kehidupan

Bahan kimia yang ada dalam kehidupan kita terdiri dari 3 jenis. yaitu:

1. Bahan kimia yang ada di rumah

2. zat aditif dalam banhan makanan

3. zat aditif dan psikotropika

berikut pembahasan dari masing-masing bahan kimia yang ada dalam kehidupan.

1. Bahan Kimi yang ada di Rumah

bahan kimia yang ada di rumah sebetulnya tidak dalam keadaan murni lagi, tapi sudah campuran beberapa zat. Oleh karena itu, suatu
bahan kimia akan dipengaruhi oleh sifat, kegunaan, atau efek dari zat-zat yang menyusunnya. Kekuatan pengaruh sifat masing-masing zat bergantung pada kandungan zat dalam bahan yang bersangkutan. Banyak ragam bahan kimia yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Namun, pada bab ini hanya akan dibahas beberapa kelompok bahan kimia saja. Bahan kimia yang dimaksud, di antaranya adalah:

a. Bahan Kimia Pembersih

Bahan kimia yang sering kita kenal dalam kehidupan sehari-hari misalnya sabun dan deterjen.

deterjen dapat membuat lemak dan minyak yang tadinya susah untuk bercampur dengan air sehingga mudah larut  dan bercampur dengan air. Sabun dan detergen dalam air dapat melepaskan sejenis ion yang memiliki bagian yang suka air (hidrofilik) sehingga dapat larut dalam air dan bagian yang tidak suka akan air (hidrofobik) sehingga larut dalam minyak atau lemak. Jika dalam pakaian yang dicuci dengan detergen terdapat kotoran lemak maka bagian ion yang bersifat hidrofobik masuk ke dalam butiran lemak atau minyak dan bagian ion tersebut yang bersifat hidrofilik akan mengarah ke pelarut air. Keadaan ini menyebabkan butiran-butiran minyak akan saling tolak-menolak karena menjadi bermuatan sejenis. Akibatnya, kotoran lemak atau minyak yang telah lepas dari pakaian tidak dapat saling bersatu lagi dan tetap berada dalam larutan.

namun dalam memilih deterjen kita harus hati-hati. ada beberapa deterjen yang sukar larut dalam air sehingga jika tercampur dengan air yang biasa dikonsumsi manusia dan hewan dapat menimbulkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan. selain itu juga dapat menimbulkan pencemaran lingkungan. berikut beberapa akibat yang ditimbullkan dari pencemaran deterjen adalah:

  • rusaknya keindahan lingkungan perairan;
  • terancamnya kehidupan hewan-hewan yang hidup di air; dan
  • merugikan kesehatan manusia.

b. Pemutih pakaian

 

pemutih biasanya dijual dalam bentuk cairan dan digunakan untu8k mengilangkan noda yang sulit dibersihkan oleh deterjen (berarti kandungan kimianya lebih tinggi daibanding deterjen). Larutan pemutih yang dijual di pasaran biasanya mengandung bahan aktif natrium hipoklorit (NaOCl) sekitar 5%. selain digunakan sebagai pemutih pakaian juga dapat digunakan sebagai disinfektan (membunuh kuman). namun pemutih juga dapat melunturkan warna sehingga dapat mengakibatkan pakaian berwarna menjadi pudar atau luntur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: